
Emotional Selling Points (ESP)
Emotional Selling Points (ESP)
Mengapa pelanggan membeli produk Anda? Jawabannya tidak selalu tentang fitur atau kegunaan. Banyak pelanggan memilih produk karena faktor emosional. Inilah yang disebut dengan Emotional Selling Points (ESP), yaitu alasan emosional yang mendorong seseorang untuk membeli produk, selain dari fungsi utamanya.
Pentingnya ESP dalam Pemasaran
Sebagai pebisnis, mengenali emotional selling points sangat penting untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Dalam materi Strategi Kolam Ikan ASacademy.id, diajarkan bahwa orang membeli bukan hanya karena kebutuhan fungsional produk, tetapi juga karena terhubung secara emosional. Faktor emosional ini bisa berupa kepercayaan diri, status sosial, kenyamanan, atau bahkan nostalgia yang dirasakan ketika membeli produk tersebut.
Cara Menggunakan ESP dalam Copywriting
Bagaimana Anda bisa mengaktifkan emosi konsumen dalam strategi pemasaran Anda? Gunakan trik Psychological Trigger dalam copywriting. Formula ini menekankan aspek-aspek psikologis yang dapat mendorong konsumen, bahkan yang awalnya tidak berencana membeli, untuk tertarik dan akhirnya melakukan pembelian. Dengan memanfaatkan ESP, Anda bisa membuat pesan yang lebih menarik dan relevan bagi audiens.
Maksimalkan Penjualan dengan ESP
Ingin meningkatkan efektivitas pemasaran Anda? Mulailah dengan menerapkannya dalam strategi copywriting Anda. Temukan caranya melalui pelatihan di AS Academy, dan pelajari bagaimana membangun koneksi emosional yang kuat dengan pelanggan.
